UMAHA MENGAJAR: Pelatihan Pembuatan Game Edukatif Berbasis Visual Programming Tanpa Coding

Sidoarjo, 28 April 2025 —Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo (UMAHA) kembali mengukuhkan komitmennya dalam program UMAHA Mengajar dengan menyelenggarakan pelatihan inovatif bertajuk “Membuat Games Mudah dan Cepat Tanpa Coding”. Kegiatan ini bertempat di SMK YPM 4 Taman dan diikuti antusias oleh para siswa.

Pelatihan ini dipandu oleh M. Farkhan, S.Kom., M.Kom., Dosen Program Studi S1 Teknik Informatika UMAHA yang juga merupakan praktisi dalam bidang pengembangan teknologi.
Kegiatan ini dirancang khusus untuk melatih keterampilan berpikir logis, meningkatkan kemampuan matematika dasar, sekaligus mendorong pengembangan kreativitas siswa melalui metode pembelajaran berbasis teknologi.

Materi pelatihan mencakup pengenalan konsep dasar pemrograman melalui coding block dan aplikasi Scratch, sebuah platform edukatif yang memungkinkan siswa membuat berbagai jenis permainan interaktif tanpa harus menulis kode program secara manual. Dengan pendekatan ini, siswa diajak memahami struktur logika pemrograman, prinsip desain game sederhana, serta pengembangan alur berpikir sistematis.

“Melalui pelatihan ini, kami ingin memperkenalkan kepada siswa bahwa membangun sebuah game tidak selalu harus rumit atau memerlukan keahlian pemrograman tingkat lanjut. Dengan tools sederhana seperti Scratch, mereka dapat memahami logika dasar pemrograman dan menyalurkan kreativitasnya dalam bentuk yang menyenangkan dan edukatif,” ujar M. Farkhan.

Lebih dari sekadar membuat game, pelatihan ini juga bertujuan memperkuat computational thinking, kemampuan berpikir secara terstruktur untuk memecahkan masalah, yang merupakan salah satu kompetensi kunci di era digital saat ini.
Menurut M. Farkhan, keterampilan ini penting sebagai bekal masa depan siswa, baik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi di bidang teknologi maupun memasuki dunia kerja kreatif.

Dalam kesempatan tersebut, M. Farkhan juga menyampaikan harapannya agar melalui pelatihan ini, para siswa-siswi SMK dapat lebih familiar dengan teknologi komputer dan digitalisasi informasi.
“Melalui penguasaan teknologi dan pemahaman digitalisasi, siswa akan memiliki peluang besar untuk mengembangkan diri di berbagai sektor, seperti industri kreatif digital, teknologi informasi, serta wirausaha berbasis teknologi. Ini adalah bekal yang sangat penting untuk masa depan mereka di tengah perkembangan dunia yang semakin berbasis teknologi,” ungkapnya.

Pelatihan ini disambut sangat positif dan antusias oleh siswa-siswi SMK YPM 4 Taman. Mereka tidak hanya aktif dalam sesi praktik, tetapi juga menunjukkan kreativitas luar biasa dalam merancang berbagai jenis game sederhana yang menggabungkan unsur logika, cerita, dan interaksi pengguna.

Program UMAHA Mengajar ini menjadi bukti nyata upaya UMAHA dalam memperluas akses pendidikan berbasis teknologi, membangun sinergi dengan sekolah-sekolah menengah, serta berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia unggul yang siap menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0.

M. Farkhan mengatakan, “pelatihan ini tidak berhenti sampai disini saja, akan ada pelatihan selanjutnya yang dikemas berupa Studi Praktis (Gratis) dengan pilihan bidang IoT atau Robotika. Siswa dapat bebas menentukan jadwal, Jumat Siang atau Sabtu Pagi dan pastinya Bersertifikat”. Siswa bisa mendaftarkan diri melalui link: s.id/DAFTAR_STUDI_GRATIS

MAJU BERSAMA TEKNIK INFORMATIKA UMAHA