Mahasiswa KIP UMAHA Turut Berperan Aktif Mensukseskan Acara YPM Carnival 2024

Pada hari Minggu, 7 Juli 2024 telah dilaksanakan YPM Carnival dalam rangka menyemarakkan 1 Muharram 1446 H dengan mengusung tema “Good Culture for a Better Life”. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk:

  1. Memperingati tahun baru Hijriyah dengan cara yang meriah dan bermakna.
  2. Meningkatkan kesadaran dan penghargaan terhadap budaya yang baik dan positif dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Mendorong masyarakat untuk mengadopsi nilai-nilai budaya yang dapat meningkatkan kualitas hidup.
  4. Mempererat tali silaturahmi antarwarga dan komunitas.
  5. Menginspirasi perubahan positif di lingkungan sekitar melalui contoh-contoh budaya yang baik.

Pada kegiatan YPM Carnival tahun ini terdapat icon unik berwarna hijau dengan nama Toma Brantara, dimana Toma Brantara ini adalah seorang pemuda yang tumbuh di lingkungan bantaran Sungai Brantas. Sejak kecil, ia sangat dekat dengan lingkungan sungai dan menyadari pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

UMAHA turut berperan aktif menjadi panitia kegiatan YPM Carnival dengan melibatkan mahasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar) sebagai panitia kegiatan. Panitia mahasiswa KIP sangat antusias dalam mempersiapkan segala kebutuhan acara YPM Carnival, mulai dari koordinasi dengan para Gubernur Fakultas dalam mempersiapkan koordinator lapangan, barisan mahasiswa untuk kegiatan pawai, pengadaan kostum carnaval, atribut, penyediaan konsumsi hingga kebutuhan dokumentasi. Barisan mahasiswa yang turut berpartisipasi pada kegiatan pawai terdiri dari Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Kesehatan.   

Dalam hal persiapan YPM Carnival, panitia mahasiswa KIP telah melaksanakan rapat koordinasi bersama Wakil Rektor 3 dan Dirut Kemahasiswaan UMAHA. Khoirul Ngibad, S.Si,M.Si – Wakil Rektor 3 UMAHA menyampaikan bahwa “UMAHA berkomitmen untuk mendukung penuh kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan kualitas mahasiswa. Partisipasi aktif mahasiswa KIP diharapkan dapat mengembangkan keterampilan organisasi, kepemimpinan, dan kerja sama tim. Diharapkan bahwa melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat belajar untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan budaya lokal, serta mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, terimakasih kepada mahasiswa KIP dan semua mahasiswa UMAHA yang telah banyak membantu dalam mensukseskan acara YPM Carnival 2024 ini.”

Jawara UMAHA, Salam Akselerasi