PENDAMPINGAN PELAKSANAAN PROGRAM DAN PELAPORAN PADA TIM P2MW UMAHA

Pada kegiatan pendampingan P2MW yang dilaksanakan di UMAHA tanggal 27 Mei 2024, Wulan Purnamasari, S.E., M.SM, sebagai Pendamping Wirausaha Mahasiswa Indonesia (PWMI). Wulan juga sebagai Pendamping UMKM dan Pendamping Proses Produk Halal (PPH). Melalui perannya, Wulan memberikan bimbingan dan pendampingan yang komprehensif kepada 2 Tim Mahasiswa P2MW bersama dosen pembimbing yaitu Bapak Mochamad Choifin, ST,MT dan  Ibu Lilla Puji Lestari, S.Pd, M.S yang merupakan Dosen Teknik Mesin UMAHA.

Beberapa poin penting yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut meliputi:

  1. Teknis Pelaksanaan: Penjelasan rinci mengenai tahapan pelaksanaan program, hingga pendampingan selama proses pengembangan usaha dan tahap pelaporan. Pada saat pelaporan nantinya tim bersamadosen pembimbing harus dapat mendeskripsikan terkait dengan progress sebelum dan sesudah mendapatkan pendanaan P2MW, dengan memperhatikan dari sisi produk, pemasaran, investor, dan konsumen.
  2. Capaian Tim: Dalam capaian usaha ini Wulan menjelaskan terkait target capaian yang harus diraih sesuai dengan pedoman, yaitu mulai dari Legalitas Usaha (NIB), sertifikasi halal, dan PIRT. Selain itu, terkait dengan diversifikasi produk, yang telah dicapai sebelum dan sesudah mendapatkan pendanaan dan pembinaan P2MW harus dapat dilaporkan secara detail.
  3. Dukungan Manajemen Kemahasiswaan: Manajemen Kemahasiswaan UMAHA berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh bagi mahasiswa yang mengikuti program ini, baik dalam bentuk fasilitas, bimbingan, maupun akses terhadap sumber daya yang diperlukan.

Untuk mendukung terbentuknya ekosistem kewirausahaan di lingkungan UMAHA, dalam hal ini perlu adanya program pengembangan ekosistem kewirausahaan dengan skema sebagai berikut:

Dalam hal ini, UMAHA dapat menjalin kemitraan dengan alternatif pemangku kepentingan, diantaranya:

  1. Lembaga internal perguruan, tinggi seperti: inkubator bisnis, UKM mahasiswa UMAHA
  2. Pemerintah Daerah dengan Dinas terkait: PLUT (Pusat layanan Unit Terpadu), Dinas Koperasi Wilayah
  3. Asosiasi, organisasi, komunitas di lingkungan UMAHA: HIPMI, Komunitas TDA
  4. Media dengan skala nasional dan internasional
  5. DUDI dan KADIN

Harapannya, dengan adanya kerjasama antara UMAHA bersama mitra di atas, akan dapat dengan mudah membuat program dalam bentuk kegiatan dan fase yang sesuai dengan kebutuhan wirausaha di UMAHA.

Dari kegiatan pendampingan ini, diharapkan 2 Tim P2MW UMAHA dapat menjalankan program dan menggunakan dana untuk pengelolaan usaha dengan sebaik mungkin untuk dapat kembali meraih Juara di bulan Oktober pada EXPO KMI 2024.

Salam Akselerasi

Salam Wirausaha Mahasiswa Indonesia