Kongres Mahasiswa BEM Fakultas Hukum: Menyatukan Semangat, Merajut Keberhasilan Fakultas Hukum Universitas Maarif Hasim Latif Sidoarjo (UMAHA)

Ahmad Heru Romadhon, S.H., M.H. – Kaprodi S1 Hukum Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA), pada tanggal 21Juli 2024 telah membuka secara resmi Kongres BEM Mahasiswa Hukum UMAHA tahun 2024 dengan Tema: Menyatukan Semangat, Merajut Keberhasilan Fakultas Hukum Universitas Maarif Hasim Latif Sidoarjo (UMAHA). Acara ini diikuti oleh Direktur Kemahasiswaan UMAHA, perwakilan Pengurus BEM UMAHA dan beberapa UKM UMAHA.

Antonius Sarozame Duha- Gubernur BEM Fakultas Hukum UMAHA menyampaikan bahwa “Kongres BEM Fakultas ini merupakan forum tertinggi bagi mahasiswa untuk menyusun, meninjau, ataupun merubah  Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga bagi organisasi Kemahasiswaan di lingkungan Fakultas Hukum. Oleh sebab itu, forum yang baik ini diharapkan dapat membuahkan hasil yang selaras dengan visi dan misi Univesitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) yakni “Menjadikan Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo sebagai perguruan tinggi yang modern dan unggul dalam mengintegrasikan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya yang berbasis nilai – nilai Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah an Nahdliyah serta memiliki karakter kewirausahaan”.

Pada kesempatan ini, Ahmad Heru Romadhon, S.H., M.H. – Kaprodi S1 Hukum UMAHA menyampaikan 3 nilai kebaikan dalam berorganisasi di Fakultas Hukum UMAHA, yatu:

  1. Jagalah Marwah Subtansi Organisasi Fakultas Hukum UMAHA dengan memperhatikan dasar legitimasi (berwenang). Ditunjukkan dengan memahami struktur oraganisasi dan  aturannya. Hal ini dapat ditunjukkan dengan sikap disiplin antara lain SOP Rapat, berkostum organisasi, Sarpras kelengkapan Mimbar dll.
  2. Mahasiswa merupakan sumber daya yang sangat kaya dalam idealisme. Idealisme harus bersifat independen yang dapat dipertaggungjawabkan,  bukan freedom (bebas tak berbatas)  semata. Idealisme  didasarkan pada  nilai tertinggi yakni norma agama, norma hokum, norma susila dan norma budaya, norma Etika.
  3. Prodi S1 dan S2 Hukum UMAHA telah Ter-akreditasi Baik.  Fakultas Hukum UMAHA telah memiliki Ruang Hukum Peradilan Semu, Lembaga Bantuan Hukum dan mempunyai Ruang Broadcasting yang disediakan bagi para mahasiswa untuk dapat berekspresi mengaktualisasikan semua semangat energi positifnya untuk kemajuan Fakultas Hukum.

“Saudara harus dapat memahami dan jangan sampai salah memaknai tentang kegiatan hari ini, apa yang harus diselesaikan dan yang menjadi tujuan dalam konggres. Gunakan kesempatan ini dengan memahami point-point penting yang menggambarkan komprehensipnya program Kemahasiswaan di Fakultas Hukum. Kongres harus di desain dengan baik dan mencapai tujuan dengan sangat bermanfaat”.

Direktur Kemahasiswaan UMAHA juga menyampaikan pesan dalam sambutannya, “jadilah kader organisasi yang ber-adab, bermartabat dan bermanfaat”. Dimana:

  1. Ber-adab merupakan cerminan dari akhlak dan sopan santun yang kita miliki. Dalam setiap interaksi, baik internal maupun eksternal, mari kita selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan, hormat, dan empati bahasa jawanya (Tepa Selira). Dengan beradab, kita menunjukkan bahwa kita saling menghargai dan menghormati setiap anggota dalam organisasi, serta berkomitmen untuk menciptakan lingkungan organisasi yang harmonis dan penuh rasa saling menghargai.
  2. Bermartabat, dimana sebuah organisasi harus memiliki integritas, kejujuran, dan kepercayaan. Sebuah organisasi yang bermartabat akan senantiasa menjaga reputasinya dengan tidak terlibat dalam perbuatan yang merugikan atau tidak etis. Mari kita semua menjaga martabat organisasi kita dengan senantiasa berpegang pada prinsip-prinsip kebenaran dan keadilan.
  3. Bermanfaat, kita juga harus bisa menjadi organisasi yang bermanfaat. Manfaat yang kita berikan tidak hanya dirasakan oleh anggota organisasi, melainkan juga untuk masyarakat luas. Organisasi yang bermanfaat selalu berupaya memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitarnya. Mari kita jadikan setiap langkah dan program kerja Fakultas Hukum UMAHA sebagai alat untuk memberikan dampak positif dan solusi bagi berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat”.

Salam Akselerasi Jawara UMAHA