Tes Potensi Akademik Calon Mahasiswa Baru Sebagai Alat Ukur Kompetensi pada Bidang Akademik di Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo (UMAHA)

Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo (UMAHA) menyelenggarakan seleksi ujian masuk Gelombang I  yaitu berupa Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kesehatan. Tes TPA melalui media online yang sudah dipersiapkan oleh Tim PMB UMAHA untuk para calon mahasiswa baru. Tes tersebut dilaksanakan di Gedung A Lantai 3 pada hari Sabtu, tanggal 20 Juli 2024.

Tes TPA dan Kesehatan  ini merupakan salah satu seleksi yang wajib diikuti oleh semua calon Mahasiswa Baru UMAHA. Guna memperoleh syarat kelulusan, calon Mahasiswa Baru harus memperoleh nilai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo (UMAHA).

Anang Surohman Hidayat, S.M.- Ketua Pelaksana Tes Seleksi UMAHA menyampaikan bahwa “Untuk dapat mengikuti tes seleksi, calon Mahasiswa Baru wajib memiliki nomor peserta yang dapat diperoleh setelah pembayaran formulir dan divalidasi oleh Tim PMB UMAHA. Selanjutnya, calon mahasiswa baru akan mendapatkan kode tes”.

Proses seleksi TPA berbasis online ini diberikan dalam bentuk pilihan ganda sedangkan Tes Kesehatan dilaksanakan usai Tes TPA dan ditangani langsung oleh Tim Kesehatan dari Fakultas Kesehatan UMAHA. Untuk mengantisipasi kecurangan selama proses seleksi, di dalam ruangan tes diberikan 3 pengawas dan menggerakkan staf PMB untuk mengawasi selama tes berlangsung.

Proses seleksi Gelombang I ini diikuti oleh 242 peserta, yang tergabung dari  calon Mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum dan Fakultas Kesehatan.

Khoirul Ngibad, S.Si, M.Si – Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Ketua PMB UMAHA menyatakan bahwa “Tes ujian Mahasiswa Baru perlu dilakukan untuk mengetahui kualitas input Mahasiswa Baru UMAHA tahun 2024/2025. Data tersebut akan sangat diperlukan untuk memberikan perlakuan dalam pembelajaran baik akademik maupun non akademik selama menjadi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan di UMAHA. Dengan demikian, diharapkan Jawara UMAHA akan mempunyai kualitas lulusan terbaik yang mampu menjawab tantangan zaman”.

Direktur Kemahasiswaan UMAHA dalam sambutannya, menyampaikan pesan “para calon Mahasiswa Baru supaya dapat memaksimalkan potensi akademiknya dalam menjawab item pertanyaan tes TPA agar dapat memperoleh hasil terbaik yang nantinya dapat dijadikan sebagai penunjang pembelajaran di Bidang Akademik di lingkungan UMAHA”.

Salam Akselerasi, Jawara UMAHA