Pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan oleh Dosen UMAHA pada Karang Taruna se-Desa Kecamatan Balongbendo Sidoarjo

Sidoarjo, 1 Juni 2024 – Dosen Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) memberikan pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan kepada anggota Karang Taruna Desa se-Kecamatan Balongbendo. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan dan keterampilan organisasi para pemuda di Karang Taruna.

Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut dihadiri oleh 45 anggota Karang Taruna dari berbagai desa di Kecamatan Balongbendo. Dalam pembekalan ini, Bapak Dr. Fajar Pradita, M.M- Dosen Prodi Magister Manajemen UMAHA memberikan materi tentang dasar-dasar kepemimpinan, komunikasi efektif, manajemen konflik, serta teknik-teknik pengambilan keputusan dalam organisasi karang taruna. Kegiatan ini merupakan wujud implementasi dalam menciptakan nilai-nilai Pancasila yang saat ini kita masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila.

Selain materi teori, kegiatan ini juga diisi dengan sesi praktik dan simulasi yang melibatkan partisipasi aktif dari para peserta. Mereka diajak untuk memecahkan berbagai studi kasus yang sering terjadi dalam organisasi kepemudaan, serta berdiskusi mengenai solusi yang tepat.

Junaidi- Ketua Karang Taruna Kecamatan Balongbendo, menyambut baik kegiatan ini dan berharap agar kerjasama dengan UMAHA dapat terus berlanjut. “Pembekalan ini sangat bermanfaat bagi kami. Banyak ilmu baru yang kami dapatkan, yang pastinya akan kami terapkan dalam kegiatan Karang Taruna ke depan,” kata Junaidi.

Ahmad Heru Romadhon, S.H, M.H – Kaprodi S1 Hukum UMAHA mengatakan bahwa “Generasi muda harus disiapkan menuju SDM unggul melalui berbagai program, yaitu pelatihan kepemimpinan, pendidikan karakter, peningkatan keterampilan teknis, serta program kewirausahaan. Selain itu, UMAHA dapat memperkuat hubungan dengan komunitas lokal dan memperluas jaringan kerjasama.” ujarnya.

Nurul Laili Fittriya, S E, M.M – Dosen Prodi S1 Kewirausahaan UMAHA menyatakan “Kegiatan ini harus dilakukan secara berkelanjutan, kita dapat memastikan bahwa dampak positif dari pelatihan ini akan terus dapat dirasakan oleh masyarakat”.

Wulan Purnamasari, S.E, M.SM – Direktur Kemahasiswaan UMAHA juga menyampaikan bahwa “Kegiatan pembekalan ini merupakan bagian dari  program pengabdian masyarakat UMAHA yang rutin dilakukan sebagai bentuk kontribusi nyata UMAHA dalam pemberdayaan masyarakat sekitar. Selain itu, program ini merupakan salah satu media untuk menjadikan UMAHA menjadi lebih dekat dan bisa menjadi sahabat bagi masyarakat. UMAHA berupaya semaksimal mungkin untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat melalui kegiatan sosialisasi, penyuluhan, workshop, dan pendampingan. Kami juga mensosialisasikan terkait dengan berbagai beasiswa yang disediakan UMAHA untuk masyarakat, diantaranya untuk teman-teman karang taruna desa, semoga dengan adanya program beasiswa ini dapat memberikan kemudahan buat teman-teman karang taruna untuk bisa menikmati kuliah.

Salam Akselerasi