UKKI UMAHA Selenggarakan Diklat dengan Tema Mewujudkan Generasi Muda untuk Menciptakan Ukhuwwah yang BerAkhlakul Karimah

Diklat merupakan salah satu program kerja UKKI UMAHA yang ditujukan kepada seluruh calon anggota baru untuk menjadi syarat sah menjadi anggota UKKI UMAHA.
Pada tanggal 24-25 November 2023 UKKI UMAHA kembali mengadakan DIKLAT ke 6 di villa Sastro Putih. Dengan membawakan tema “Mewujudkan generasi muda untuk menciptakan ukhuwwah yang berAkhlakul Karimah”, Diklat ini bertujuan untuk mengenalkan isi dari UKM UKKI dan mencari minat bakat seluruh calon anggota baru UKKI UMAHA 2023.
Pada Diklat tahun 2023 ini, UKKI UMAHA mengundang 3 pemateri hebat, yaitu :
Bapak Syarif Hidayatullah M.Pdi yang merupakan direktur kemahasiswaan sekaligus pembina ukki umaha, Mas Anfal yang merupakan Alumni UKKI UMAHA, serta Arneta Aprilia H. yang merupakan mahasiswa prodi hukum angkatan 2021 Universitas Maarif Hasyim Latif.


Di hari Sabtu (24/11), peserta Diklat berkumpul di kampus dan melaksanakan registrasi pada jam 12.30. Peserta diberangkatkan pukul 13.00 dan sampai di villa pada jam 15.30. Dilanjutkan dengan peserta melaksanakan ishoma dan bersiap untuk memasuki materi pertama yaitu Ke-Nu-an yang dibawakan oleh bapak Syarif. Beliau menjelaskan tentang awal berdirinya Nadhlatul Ulama dan kisah para muassis NU. Setelah itu, dilanjutkan sholat Maghrib berjama’ah dan membaca istighotsa sambil menunggu waktu isya untuk melaksanakan sholat isya berjama’ah . Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari kak arneta tentang keorganisasian. Kak arneta mengajak para peserta untuk berkelompok dan berdiskusi untuk menyelesaikan permasalahan – permasalahan yang mungkin terjadi di sebuah organisasi. Materi ketiga, yaitu ke-ukki-an yang disampaikan oleh mas Anfal. Beliau menjelaskan sejarah berdirinya ukki dan perkembangan ukki dari tahun per tahun.
Pukul 22.00 acara makrab dimulai. Makrab ini diadakan untuk saling mengenal dan saling berbagi pengalaman dengan para alumni dan senior yang hebat dan luar biasa. Banyak pengalaman yang dapat diambil dari yang dijelaskan oleh para alumni dan senior, mulai dari pengalaman mengadakan event besar, mendapat dana ghibah, memenangkan perlombaan-perlombaan besar, dan hal seru lainnya. Hal tersebut tentu direspon sangat baik oleh peserta Diklat dengan rasa antusias yang tinggi untuk lebih masuk ke dalam ukm UKKI ini. Pukul 23.00 makrab selesai dan para peserta dan panitia beristirahat.


Keseruan Diklat VI UKKI berlanjut di hari Minggu (25/11). Diawali dengan sholat subuh berjama’ah, dilanjutkan dengan senam pagi dan berbagai mini games yang membuat para peserta bersemangat dalam menjalani aktivitas pagi. Tidak sampai disitu saja, para peserta juga menampilkan minat dan bakat mereka di acara pentas seni. Mereka bebas menampilkan segala kreatifitasnya. Ada yang bersholawat, bernyanyi lagu arab, bermain alat Hadrah, dan lainnya yang membuat penutupan Diklat semakin meriah. Acara Diklat ditutup dengan tukar kado dan pembagian hadiah kepada para pemenang, peserta aktif, dan panitia favorite.
Harapan setelah diadakannya Diklat VI UKKI UMAHA ini dapat menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan pengetahuan kerohanian dan kemampuan berorganisasi kepada anggota baru UKKI UMAHA. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mengembangkan bakat dan minat, pengetahuan serta mempererat ukhuwah antar masing-masing anggota baru dan memberikan pengetahuan kepada pengurus UKKI UMAHA periode 2022/2023 dalam menerapkan ilmu keorganisasian dan lebih saling mengenal satu sama lain dengan akrab.

Bagi anda yang ingin mencari informasi tentang Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) dapat mengakses di website https://pmb.umaha.ac.id/ atau dengan mengkontak nomor wa 085706666661. Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) mempunyai 4 Fakultas dan 12 Program Studi

FAKULTAS TEKNIK

  • S1 TEKNIK INDUSTRI [Baik Sekali]
  • S1 TEKNIK MESIN [Baik Sekali]
  • S1 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL [Baik]
  • S1 INFORMATIKA [Baik Sekali]
  • D3 TEKNIK KOMPUTER [Baik]

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

  • S1 MANAJEMEN [Baik Sekali]
  • S1 AKUNTANSI [Baik Sekali]
  • S1 KEWIRAUSAHAAN
  • D3 AKUNTANSI [Baik Sekali]
  • S2 MANAJEMEN

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

  • D4 ANALIS KESEHATAN / TLM [Baik Sekali]
  • D3 ANALIS KESEHATAN / TLM [Baik Sekali]
  • S1 MIKROBIOLOGI

FAKULTAS HUKUM

  • S1 HUKUM [Baik Sekali]
  • S2 HUKUM