BEM-U UMAHA Hadiri RAKERNAS BEM SI-XVI di Universitas Negeri Mataram

Saat ini bangsa kita sedang dipenuhi berbagai intrik politik yang mencoba memecah- belah persatuan bangsa dengan hal-hal yang berhubungan dengan kebhinekaan. Peran mahasiswa sangat penting di tengah kondisi genting saat ini. Jika tidak ada tindakan, maka persatuan akan tinggal kenangan. Dalam memainkan perannya ini, mahasiswa diuji oleh banyak tantangan dari berbagai pihak, termasuk media yang merupakan sarana dalam menyampaikan informasi sampai ke lapisan masyarakat yang paling bawah. Dalam menyatukan arah gerak, penting bagi mahasiswa untuk merumuskan strategi pergerakan dalam menghadapi kondisi tersebut. Maka untuk menunjukkan peran mahasiswa, BEM Seluruh Indonesia perlu merumuskan strategi dan arah gerak untuk menjaga persatuan bangsa melalui kegiatan Rapat Kerja Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (Rakernas BEM SI) tahun 2023. Maksud dari diadakannya kegiatan RAKERNAS BEM SI Ke-XVI adalah untuk menyatukan gagasan dalam mengawal semua Isu yang ada di Indonesia.

Alhamdullilah dalam kegiatan yang dilaksanakan di Lombok tepatnya Universitas negeri mataram yang menjadi tuan rumah acara RAKERNAS BEM SI-XVI yang diadakan pada tanggal 24-29 Oktober 2023 Umaha bisa menjadi bagian dalam rapat kerja pembahasan mengenai pengawalan isu daerah maupun nasional yang kebetulan mendelegasikan Presma Umaha yakni Gempur Dwi Andika dan dibersamai oleh Menteri Luar Negeri BEM Umaha yakni Millatuz zahroh yang bergerak sebagai Dirjen Diplomasi Publik. Tak hanya agenda Rakernas kita juga dikenalkan kebudaayan khas lombok yang dikemas dalam rangkaian acara field trip di beberapa destinasi seperti Museim Negeri NTB, Desa Adat Sade suku Sasak dan pastinya Sirkuit international Mandalika Maksud dari diadakannya kegiatan RAKERNAS BEM SI Ke-XVI adalah untuk menyatukan gagasan dalam mengawal semua Isu yang ada di Indonesia. Mempererat tali silahtuhrahmi antar BEM SI, Membahas dan identifikasi fokus isu yang akan menjadi acuan kerja seluruh BEM SI, Mencari dan memformulasikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang merupakan fokus isu BEM SI, Merumuskan, mendeklarasikan rekomendasi dan gagasan pembangunan untuk Indonesia, Pencerdasan wawasan kepada para Mahasiswa.

Mahasiswa merupakan salah satu tolak ukur arah gerak sebuah bangsa, mahasiswa berperan sebagai penggerak bangsa progresif, sebagai pemuda yang berintelektual yang memiliki inisiasi untuk bersatu membangun negeri, dalam hal ini mahasiswa berperan penuh terhadap pergerakan bangsa, dapat kita lihat gerakan besar yang pernah dilakukan oleh mahasiswa pasca kemerdekaan bangsa indonesia pada era tahun 60-an dan juga 1998, dimana dua peristiwa tersebut secara masif dan berdampak memberikan perubahan pemikiran dan juga haluan kenegaraan yang akhirnya menyebabkan perubahan atau pergantian orde baru, sehingga pantas jika mahasiswa dikatakan sebagai subyek yang penting dalam hal pergerakan bangsa.

Peran mahasiswa sangatlah strategis sebagai agen perubahan sosial, ekonomi, dan politik. Guna kemajuan bangsa dan negara dalam melakukan terobosan serta sikap kritis dan progresif, peran mahasiswa sangatlah diharapkan. Sudah menjadi kewajiban bagi setiap mahasiswa dalam mengawal dan memperjuangkan pembangunan bangsa. Dalam proses pembangunan bangsa, mahasiswa dan pemuda merupakan kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan sebagai perwujudan dari fungsi, peran, karakteristik, dan kedudukannya yang strategis dalam pembangunan nasional.

Saat ini bangsa kita sedang dipenuhi berbagai intrik politik yang mencoba memecah- belah persatuan bangsa dengan hal-hal yang berhubungan dengan kebhinekaan. Peran mahasiswa sangat penting di tengah kondisi genting saat ini. Jika tidak ada tindakan, maka persatuan akan tinggal kenangan. Dalam memainkan perannya ini, mahasiswa diuji oleh banyak tantangan dari berbagai pihak, termasuk media yang merupakan sarana dalam menyampaikan informasi sampai ke lapisan masyarakat yang paling bawah. Dalam menyatukan arah gerak, penting bagi mahasiswa untuk merumuskan strategi pergerakan dalam menghadapi kondisi tersebut.

Bagi anda yang ingin mencari informasi tentang Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) dapat mengakses di website https://pmb.umaha.ac.id/ atau dengan mengkontak nomor wa 085708143750. Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) mempunyai 4 Fakultas dan 15 Program Studi

FAKULTAS TEKNIK

  • S1 TEKNIK INDUSTRI [Baik Sekali]
  • S1 TEKNIK MESIN [Baik Sekali]
  • S1 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL [Baik]
  • S1 INFORMATIKA [Baik Sekali]
  • D3 TEKNIK KOMPUTER [Baik]

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

  • S1 MANAJEMEN [Baik Sekali]
  • S1 AKUNTANSI [Baik Sekali]
  • S1 KEWIRAUSAHAAN
  • D3 AKUNTANSI [Baik Sekali]
  • S2 MANAJEMEN

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

  • D4 ANALIS KESEHATAN / TLM [Baik Sekali]
  • D3 ANALIS KESEHATAN / TLM [Baik Sekali]
  • S1 MIKROBIOLOGI

FAKULTAS HUKUM

  • S1 HUKUM [Baik Sekali]
  • S2 HUKUM